March 07, 2011

Mobil Tanpa AC, Mengapa Tidak?

Menggunakan mobil tanpa AC di jaman global warming seperti ini memberikan tantangan tersendiri. Lebih menantang lagi karena karakter si eLJot yang menghasilkan panas dari bagian transmisi yang langsung menyebarkan panas ke kabin depan. Jadi sumber panas bisa berasal dari luar mobil dan dalam mobil. Yang pertama bisa diatasi secara alamiah karena beruntung berada di daerah yang relatif memiliki curah hujan yang tinggi. Yang kedua perlu putar otak untuk mengatasinya.
Namun bagaimana jika harus menempuh perjalanan yang tidak bisa diprediksi seperti jalan yang tiba-tiba macet di siang terik? Problem panas dari luar dan dalam mobil jadi satu. Tidak ada cara yang cepat, murah dan tetap untuk mengatasinya, tapi beberapa strategi berikut bisa dilakukan untuk sampai ke tempat tujuan dengan sedikit lebih dingin dan nyaman.

  1. Rencanakan waktu perjalanan. Pagi-pagi sebelum jam 6 adalah waktu yang relatif masih dingin dan sejuk untuk mulai perjalanan. Hindari berada di jalan di siang hari. Kondisi ini bisa terjadi jika jadwal relatif bisa kita atur, semisal pergi ke kantor atau suatu tempat yang sudah direncanakan waktunya.
  2. Cermati aliran lalu lintas. Hindari 'rush hour' saat orang-orang berangkat dan pulang kerja.
  3. Cari rute perjalanan yang teduh untuk sampai tujuan. Cari jalan yang dilindungi pepohonan supaya udara dari luar relatif lebih sejuk.
  4. Buka jendela mobil. Sirkulasi udara langsung dari luar ke dalam mobil membuat panas di dalam mobil ke luar. Jika ada kipas angin, nyalakan, dan buka jendela sedikit saja jika terganggu dengan situasi di luar mobil.
  5. Pasang lapisan kaca reflektif atau yang buram (kaca rayban) di kaca depan, samping dan belakang untuk mengurangi radiasi sinar UV. Saya pasang lapisan rayban 40% untuk kaca depan dan 80% untuk samping dan belakang.
  6. Pasang kipas angin di dashboard atau gantung di cermin visor. Saya pasang kipas angin 12v bekas komputer di bawah dashboard yang menyedot udara dari lobang ventilasi depan.
  7. Pakaian. Kenakan pakaian yang relatif nyaman seperti kaos oblong dan celana pendek di kendaraan. Pakaian resmi atau setelan jas bisa digantung di belakang dan dipakai pada waktunya.
  8. Simpan ice blocks di kotak plastik dan taruh di bawah jok. Buka tutupnya jika udara panas sekali. Cold pack yang banyak dijual di supermarket bisa digunakan juga.

Strategi di atas sudah saya lakukan, tapi rasanya tetap kurang nyaman kalau melakukan perjalanan dengan isi mobil lebih dari satu orang. Karena sumber panas jadi tambah lagi! Sumber panas dari penumpang. Ya, problem panas ini butuh kreativitas lain untuk mengatasinya. Masih putar otak untuk mencari solusinya.

No comments:

Post a Comment